Bangga Jadi Alumni UTY, Kerja Sebelum Wisuda

mahasiswa_Uty

“Saya bangga menjadi alumni Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)”, kata Moh Koko Harjianto, SPsi dalam sharing dengan para calon wisudawan UTY di Kampus 1 UTY, Sabtu 14 Nopember 2015 yang diselenggarakan Fakultas Psikologi dan Student Service UTY. Saya bangga karena sebelum lulus S1 dari Prodi Psikologi UTY tahun 2012 lalu saya sudah diterima kerja, dan selanjutnya bisa lancar menapaki karier, ungkap Koko. Menurutnya, dengan bekal dari UTY disertai passion yang kuat di bidang perbankan dan keinginannya yang kuat untuk maju, menjadikan dirinya bisa bekerja dengan baik. Tak perlu menunggu lama, di usia yang masih muda, kini ia dipercaya menjabat sebagai Kepala Cabang Bank CIMB Niaga Solo Paragon. “Para Kepala Cabang yang setara dengan dirinya, banyak diisi oleh para senior dengan latar belakang lulusan S2 dan banyak diantaranya lulusan dari luar negeri. Itulah yang menjadkan saya bangga dengan UTY” kata Koko.

Koko sedang berbagi pengalaman dengan para calon wisudawan UTY

Ia menceritakan sebelum lulus, ia diterima di PT. Midi Utama Indonesia Tbk yang mengelola retail Alfamidi di seluruh Indonesia. Satu tahun berikutnya ia pindah kerja ke Bank Mandiri sebagai customer service. Dan satu setengah tahun terakhir ini ia bekerja di CIMB Niaga, dimulai dari staff hingga sekarang menjadi kepala cabang. Di semua perusahaan yang ia masuki, ia selalu bersaing dengan ratusan lulusan dari universitas negeri dan swasta ternama di Indonesia, bahkan banyak diantara lulusan dari luar negeri. Bekal dari bangku kuliah ditambah keaktifan dalam Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) UTY sangat mendorong kesuksesan saya, tambah Koko.

Senada dengan Koko, Dita Raga Trilatama lulusan Psikologi UTY yang diwisuda Selasa 17 Nopember 2015, juga menyampaikan kebanggaannya kepada UTY, karena sebelum wisuda sudah diterima bekerja di Bank Rakyat Indonesia Sleman sejak 1 Nopember ini.  Saya sangat senang bisa bekerja di tempat yang saya impikan sebelum wisuda. Raga menyampaikan bahwa ia diterima bukan sebagai tenaga outsourcing. Raga menceritakan bahwa keaktifannya di HIMAPSI telah memberinya jaringan yang luas dengan berbagai pihak yang selam ini menjadi mitra dalam mengadakan kegiatan, diantaranya Bank Rakyat Indonesia yang pernah menjadi sponsor. Beberapa saat setalah ia dinyatakan lulus, kebetulan ada lowongan kerja di Bank BRI. Ia lalui proses seleksi yang ketat, bersaing dengan para lulusan universitas negeri dan swasta ternama. Ia bersyukur dapat bersaing dan diterima. Kini ia memulai kerja sebagai customer service di BRI Sleman. Bekal ilmu dari UTY, berikut banyaknya kesempatan yang diberikan UTY untuk berkreasi memudahkan dirinya memperoleh pekerjaan yang ia impikan selama ini.

Selain Koko dan Raga, sharing tersebut juga dihadiri oleh Noor Moh Fatkhurokhman, S Psi lulusan Psikologi UTY tahun 2012 yang kini menjadi HRD di PT Midi Utama Indonesia Tbk. Fatkhur juga lulusan yang lulus langsung kerja PT. Midi Utama Indonesia Tbk Jakarta. Namun berbeda dengan Koko, passion Fatkhur di bidang psikologi lebih menonjol, sehingga ia menikmati kerja di bidang HRD dengan tugas selection dan asesment karyawan Alfamidi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.  Dengan semakin bekembangnya Alfamidi, kini Fatkhur fokus di area Jateng – DIY. Kepada para calon wisudawan Fatkhur berpesan agar terus memupuk rasa percaya diri, dengan membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan yang memadai serta sikap optimis.

Sementara itu Drs. Rokhmat, MM, Akt Humas UTY menyampaikan bahwa mahasiswa yang bekerja sebelum kuliah terus meningkat. Banyak lulusan yang diwisuda pada hari ini juga telah bekerja di berbagai instansi / perusahaan diantaranya PT Taspen, Angkasa Pura, Kantor-kantor Akuntan Publik,  HM Sampurna, dan Hotel Aston.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *