Desain Pembelajaran Kreatif Dalam Suasana Keakraban

sgs

Di era teknologi informasi yang terus berkembang pesat ini sistem pembelajaran berbasis teknologi mutlak diperlukan. Sehingga dosen dan guru kini semakin dituntut untuk memiliki kemampuan secara kreatif membuat media pembelajaran efektif dan interaktif berbasis teknologi komunikasi informasi. Hal itu disampaikan Wakil Dekan Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Suryo Sudiro, SS.,M.Hum, dalam pembukaan acara  Pelatihan Desain Media Pembelajaran & Malam Keakraban, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Fakultas Pendidikan UTY di Kaliurang 21-22 Nopember 2015 ini.

Lebih lanjut Suryo mengharapkan mahasiswa mampu seproduktif mungkin menghasilkan karya-karya pendidikan dengan pemanfaatan teknologi seperti yang dibutuhkan dunia pendidikan di masa sekarang dan masa yang akan datang.  Keterampilan dan produktifitas mahasiswa dalam menghasilkan karya media pembelajaran, tidak hanya bermanfaat di bidang akademik, namun juga memiliki reward di bidang enterpreuner.  Materi pelatihan media pembelajaran dibahas dengan berbagai perspektif, yakni perspektif Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Teknologi Informasi.

Dr. Mustaqim Pabbajah, MA, Suryo Sudiro, M.Hum, dan dosen-dosen Fakultas Pendidikan Forto bersama usai acara Penutupan Pelatihan di Kaliurang

Selaku Ketua Panitia, Akbar Permana Putra yang pernah menjadi Juara 1 Microsoft Virtual Academy (MVA) Indonesia 2015, mengatakan “ekspektasi dari kegiatan pelatihan tersebut dapat meningkatkan keterampilan, kreatifitas, inovasi, dan produktifitas mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi digital”.  Sedangkan Yanuar Setyo Prayogo, Ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Pendidikan UTY menyampaikan kegiatan pelatihan ini sengaja dikemas dalam suasana keakraban agar menarik dan efektif.

Sementara itu Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA dalam sambutan penutupan acara menyampaikan bahwa pembelajaran dengan aplikasi teknologi informasi dapat mempermudah pemahaman ilmu, menarik dalam penyampaian, serta mata kuliah / pelajaran dapat diterima dengan baik dan menyenangkan oleh mahasiswa/siswa. “Terlebih jika materi yang disampaikan dengan konsep media pembelajaran menggunakan desain grafis dan animasi yang up to date, serta mengunakan audio – video capturing yang menarik”, kata Mustaqim. Ia meyakini pelatihan desain media pembelajaran kreatif yang dikemas dengan konsep malam keakraban ini sangat efektif dalam mentransfer pengetahuan dan ketrampilan. Selain itu juga memberikan dampak positif dalam membangun kultur keakraban yang baik diantara mahasiswa dengan mahasiswa, serta antara mahasiswa dengan dosen dan seluruh staff pendidikan di lingkungan Fakultas dan Universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *